Apa Perbedaan RUPS tahunan dengan RUPS luar biasa?

Apa Perbedaan RUPS tahunan dengan RUPS luar biasa?

Bagi para pengusaha yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis pastinya sudah tidak asing mendengar kata RUPS, namun bagi para pengusaha baru pastinya masih awam mendengar kata RUPS.

Apakah RUPS itu?

Mari kenali RUPS tersebut.

Dalam usaha PT (Perseroan Terbatas ) jika anda merupakan salah satu pemegang saham dalam perusahaan, maka anda rutin mendapat surat undangan untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilakukan oleh Kepala Direksi dari perusahaan dimana anda menaruh saham.

Berbicara masalah RUPS, ada 2 jenis RUPS yaitu RUPS tahunan dan RUPS luar biasa

Sebelum kita membahas tentang RUPS tahunan dan RUPS luar biasa, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengerian RUPS

Rups merupakan kegiatan forum yang dibuat untuk memberikan laporan yang berkaitan terhadap aktivitas perusahaan kepada para pemegang saham.

Didalam Undang -Undang No 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas terdapat hal hal yang perlu diperhatikan dalam mengadakan RUPS tahunan maupun RUPS luar biasa.

RUPS tahunan merupakan rapat yang dilakukan setiap tahunnya oleh para pegang saham dan dilakukan paling lambat 6 bulan setelah tutup buku laporan keuangan.

Dalam hal RUPS tahunan kegiatan yang dibahas adalah :

  1. Laporan keuangan perusahaan dalam periode tahun tersebut, laporan laba rugi, neraca akhir tahun dan arus kas perusahaan
  2. Report tanggung jawab untuk sosial dan lingkungan
  3. Report pengawasan dewan komisaris
  4. Report kegiatan perusahaan dalam periode tahun tersebut
  5. Report terhadap masalah yang terjadi yang membuat perusahaan terhambat
  6. Report setiap anggota direksi dan komisaris
  7. Gaji dan tunjangan anggota direksi dan komisaris

RUPS luar biasa merupakan kegiatan rapat sewaktu waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam rangka menginginkan perubahan – perubahan yang berkaitan dengan perubahan anggaran dasar dan data perseroan misalnya :

  1. Perubahan susunan pengurus
  2. Perubahan para pemegang saham
  3. Perubahan nama perseroan
  4. Perubahan alamat perseroan
  5. Perubahan modal perseroan

Berikut yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan rups tahunan dengan rups luar biasa, akan ada baiknya jika anda ingin melakukan rups bisa bekerjasama dengan perusahaan atarwanaconsulting,

Atarwanaconsulting telah berpengalaman dalam mnyelenggarakan RUPS bagi perusahaan – perusahaan di indonesia baik perusahaan lokal maupun asing.

Salah satunya PT. PILAR KREATIF TEKNOLOGI yang telah mempercayakan atarwanaconsulting dalam menyelenggarakan RUPS.